ads-unit

Cara Mengatur Tinggi Lebar Kolom Excel Secara Otomatis

0
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporatio makanan rinagn Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2013 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2013.
Bagi anda yang selalu mengunakan Microsoft Excel terkadang kita perlu untuk mengatur Kolom Excel baik itu Tinggi atau Lebarnya. Cara singkatnya atau cara manualnya adalah dengan menarik garis lurus kebawah atau keatas untuk mengatur tinggi kolom excel dan menarik garis lurus pada excel kesamping kiri atau kanan untuk mengatur lebar kolom Ms excel tersebut.  Lebih detail maksud saya lihat gambar dibawah ini.
Secara Defaul Kolom Excel adalah seperti pada gambar dibawah ini
Lalu kita ingin mengatur lebarnya seperti gambar dibawah ini. ( Diatur secara manual )
Nah, cara ini sebenarnya lumayan efektif, akan tetapi bagaimana jika kita memerlukan lebar Excel tersebut dalam jumlah banyak, apakah kita harus mengaturnya satu persatu, tentu saja tidak, selain kita memerlukan waktu yang lama tentu kita juga tidak bisa menariknya dengan rapi akan tetapi ada cara praktis bagaimana cara mengatur Lebar dan tinggi Office Excel tersebut secara otomatis. Berikut caranya.
1. Buka Ms Office Excel, jika sudah terbuka anda akan menemukan tampilan seperti dibawah ini ( Office 2013 )

2. Setelah itu kita ingin mengatur tinggi/ lebar kolom excel secara otomatis tanpa harus manual dan dalam sekala banyak. 
  • Caranya adalah : Select/Drag semua beberapa kolom/Row yang anda ingin atur lebarnya sebagai contoh saya mendrag kolom 1 sampai dengan 6. Lihat Gambar
  • Selanjutnya Klik kanan dan Pilih Row Height.
  • Setelah itu akan muncul seperti gambar dibawah ini.
  • Silahkan atur tinggi yang anda inginkan, untuk mengatur lebar juga sama, silahkan select Column Dan atur Lebarnya. Untuk Hasil tadi akan terlihat seperti dibawah ini.
 Sekian tutorial hari ini semoga bermanfaat, salam Blogger

About The Author

Hello, I am an web designer/developer from Melbourne, Australia. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium .